Senin, 15 Juni 2015

Bahaya memasang foto di Sosial Media

Pembahasan mungkin lebih menjurus pada subyek adalah para akhwat. namun dalam pembahasan dan hukum di dalamnya juga bisa untuk ikhwan.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda "Sesungguhnya wanita adalah aurat maka apabika ia keluar,syetan akan menghias hiasinya di mata laki laki" (Hr.At Tirmidzi dishahikan oleh Al Albani).
"Tidaklah aku tinggalkan satu fitnah yg berbahaya yg lebih berbahaya bagi laki laki fitnah wanita"(Muttafaq 'alah).

Cara mereka mengaktualisasikan diri dgn memasang foto diri telah menjadi fenomena yg bisa menjadi berbahaya bagi dirinya sendiri.

Hukum Gambar atau Foto.

Beberapa hadist diantaranya :

1. Dari Aisyah Radhiyallahu anha bahwasanya ia membeli bantal kecil yg ada gambarnya .ketika Rasulullah melihatnya beliau berdiri di depan pintu tak mau masuk.maka Aisyah mengetahui ada tanda kebencian di muka Rasulullah,lalu iapun berkata ya Rasulullah aku bertaubat kepada ALLAH dan RasulNYA dosa apakah yg telah kuperbuat? Rasulullah menjawab Bagaimana halnya bantal itu? Aisyah menjawab Saya membelinya agar engkau duduk dan bersandar di atasnya.Kata Rasulullah Sesungguhnya orang2 yg membuat gambar2 ini akan disiksa pada hr kiamat dan akan dikatakan kepada mereka Hidupkanlah gambar2 yg kalian buat itu.kemudian beliau Bersabda sesungguhnya Rumah yg ada gambar2 yg bernyawa didalamnya tak akan dimasuki malaikat (Muttafaqun 'alaih).

2. Manusia yg paling pedìh siksanya di hari kiamat ialah meniru ciptaan ALLAH.Sedangkan para pelukis dan penggambar adalah orang2 yg meniru ciptaan ALLAH (Muttafaqun'alaih).

3. Bahwasanya Nabi ketika melihat gambar2 di rumah,beliau tidak mau masuk sebelum gambar itu di hapus (Hr.Bukhari).


Fatwa para ulama Ahlussunnah juga sudah jelas bahwa berdasarkan hadist mereka sepakat mengharamkan gambar mahluk bernyawa.
***********
Apa alasan memasang foto di internet ? Alasan yg paling logis adalah sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah.karna kita tau bahwa ukhuwah dimulai dari saling mengenal,saling memahami,menolong dll.mungkin pula mereka ingin memberikan contoh dalam tata cara berpakaian muslimah yg sesuai dgn syariat.ataukah dgn berbagai alasan2 lain.

Namun suatu kebaikan tidaklah dapat di capai dgn cara yg bathil seperti yg telah dikatakan oleh Abdullah bin Mas'ud radhiallahu anhu ketika mengingkari pelaku dzikir yg menghitung dgn batu2 kecil yg mereka anggpa sbg suatu kebaikan beliau berkata "Betapa banyak orang menginginkan kebaikan tapi mereka tak dapat meraihnya".

Bukankah tanpa memasang foto ukhuwah bisa tetap tegak dan dakwah tetap bisa berjalan.

Bahaya Foto di internet.

kita akan mengulas fenomena yg bisa akan terjadi menjadi suatu sumber fitnah baik bagi dr sang akhwat maupun bagi orang lain yg kebetulan sedang melihatnya.
Pertama : kita tentu menyadari internet adalah ruang publik yg bisa dimanfaatkan semua orang hampir tanpa batasan.dan diantara orang2 tsbt pastilah terdapat orang yg ingin berbuat zhalim.dgn teknologi betapa mudahnya setiap orang memanipulasi gambar yg di inginkan.dgn memasang foto maka dgn mudah membuka peluang orang2 zhalim memanfaatkan,memanipulasi atau mengubah sesuai apa yg di inginkan dan sangat besar dampaknya foto yang awalnya berbalut dgn pakaian muslimah tetapi bisa dimanipulasi sehingga seakan telanjang ataupun setengah telanjang.Na udzubillah...

Kedua : akhwat aktivis dakwah adalah tauladan bagi bg muslimah.namun apa jadinya para ujung tombak dakwah bagi teman2 terdekatnya melakukan suatu hal yg tak sepatutnya dilakukan.saat muslimah yg awwam terlihat fotonya di jejaring sosial,dunia maya hal ini bisa kita maklumi dan lumrah.namun apa jadinya kalau seandainya kita bagikan suau nasehat agar tak melakukan hal itu karna bisa menjadi suatu fitnah.dan tentulah mereka akan menjawab "orang aktivis aja melakukan hal itu apalagi aku yg mash jauh dari nilai2 agama".dan menganggap tidaklah bertentangan dgn dalih orang yg paham agama pun melakukan jua.

Ketiga : wajah ayu di sebuah profil yg terkesan sholeha menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi kaum adam.maka berlomba lombalah mereka untuk menjadi teman dgn dalih ingn menjalin ukhuwah yg padahal terkadang hanya didasari sebuah keinginan untuk memiliki sosok tsbt.sehingga makin menjadikan para ikhwan yg di hatinya terdapat penyakit menjadi semakin terjerumus dalam asyiknya pertemanan.dari sisi ini pertama sang pelaku sudah melanggar tidak mendukung usaha para ikhwan untuk mengamalkan salah satu firman ALLAH dalam surah An Nuur 30 yg artinya "Katakanlah kepada laki2 yg beriman Hendaklah mereka menahan pandanganya,dan memelihara kemaluannya yg demikian itu adalah suci bagi mereka.sesungguhnya ALLAH maha Mengetahui apa yg mereka perbuat".
Dalam sebuah hadist,Nabi bersabda kepada Ali radhiallahu anhu "Wahai ali,janganlah engkau susul pandangan dgn pandangan lg,karna pertama menjadi bagianmu dan yg kedua bukan lagi menjadi bagianmu dosa atasmu"(Hr.Ahmad,At Tirmidzi dan Abu Daud).
Dalam hadist lain mengatakan pandangan mata itu laksana anak panah beracun dari berbagai macam anak panah iblis,barangsiapa menahan pandanganya dari keindahan2 wanita maka ALLAH mewariskan kelezatan dalam hatinya yg akan didapatkan hingga hari dia bertemu denganNYA.

wahai saudariku maukah engkau menjadi salah satu penghalang bagi saudaramu didalam menegakkan syariat agama,

Keempat : akhwat yg menampakkan foto dirinya telah melanggar larangan untuk tidak TABARRUJ dan SUFUR.Tabarruj artinya seseorang wanita menampakkan sebagian anggota tubuhnya atau perhiasanya di hadapan laki2 asing.sedangkan Sufur adalah seorang wanita menampakkan wajah di hadapan lelaki lain.Oleh karna itu Tabarruj lebih umum cakupannya daripada Sufur karna mencakup wajah dan anggota tubuh lainnya.

Tabarruj di haramkan dalam syariat berdasarkan ayat Al Quran dan jg Hadist antara lain :
"Dan hendaklah kamu tetap dirumahmu dan janganlah berhias dan bertingkah laku seperti orang2 jahiliyah yg dahulu"(Al Ahzab 33).
"Dan perempuan2 yg telah terhenti dari haid dan mengandung yg tiada ingin kawin lagi tiadalah atas dosa menanggalkanya pakaian mereka dgn tak bermaksud menampakan perhiasan dan berlaku sopan adalah lebh baik bg mereka dan ALLAH maha mendengar lagi maha Bijaksana"(An Nur 60)
Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata Rasulullah bersabda "Ada dua kelompok penduduk neraka yg belum pernah aku lihat.kaum yg membawa cemeti seperti ekor sapi yg memukuli orang2 denganya dan para wanita yg berbaju tapi mereka telanjang,berlenggak lenggok kepala mereka bagaikan punuk unta yg bergoyang.wanita2 itu tak masuk syurga dan tak mendapatkan baunya padahal bau syurga bisa tercium sejauh sekian dan sekian"(Hr.Muslim no.3971 dan 5098).

dan kaum muslimin pun telah sepakat akan haramnya tabarruj sebagaimana yg dituturkan oleh Al Imam Ash Shan'ani dalam kitabnya Minhatul Ghaffar 'Ala Dlauin Nahar 4/2011-2012

Tabarruj memiliki berbagai macam bentuk seperti
* menampakan sebagian anggota tubuhnya di hadapan laki2 lain.
* menampakan perhiasan termasuk di dalamnya pakaian yg ada di balik jilbab.
* berjalan berlenggak lenggok di hadapan lelaki lain.
* memukul kaki untk menampakan perhiasan yg dipakainya.
* bercampur baur dgn kaum laki2 bersentuhan dgn mereka,berjabat tangan dan berdesak2an di tempat umum.

Bagi seorang wanita hendaklah meniru apa yg dilakukan oleh anak perempuan Nabi Syu'aib sebagaimana yg diceritakan oleh ALLAH dalam surah Al Qashash 25 "Kemudian datanglah kepada musa salah seorang dan kedua wanita itu berjalan kemalu maluan".

Umar radhiallahu anhu berkata Dia datang dgn berjalan penuh malu seraya menutup wajahnya dgn bajunya.dia bukanlah wanita yg tak punya malu,banyak omong dan berani dgn lawan jenis.tak pula seorang wanita yg suka keluar masuk rumah ( Tafsir Ibnu Katsir dgn sanadnya yg shahih 3/384).

Ibnu Qayyim Al Jauziyah Berkata pandangan adalah suatu dorongan yg muncul pertama kali ketika seseorang melihat sesuatu.apabila dorongan tsbt jelek itu adalah dorongan syahwat.menjaga pandangan merupakan benteng dari kemaluan.siapa yg sengaja melepaskan pandangan sama artinya menuntun dirinya kepada kebinasaan.

jikalau para lelaki kebetulan melihat wanita lihatlah hanya sepintas saja.jangan diulangi karna pandangan yg kedua bukan milik anda.

pandangan merupakan awal kejadian buruk yg menimpa manusia.pandangan dapat melahirkan perasaan dan akan melahirkan fikiran yg kemudian syahwat yaituh syahwat untuk melampiaskan keinginan sehingga bisa berdampak buruk menjadi penyakit.

dalam hal ini dikatakan Sabar memejamkan pandangan akan lebih ringan akibatnya daripada sabar terhadap rasa pedih sesudahnya membiarkan pandangan lepas.

Seorang penyair mengatakan :
Semua kejadian permulaanya adalah pandangan,
besarnya api karna bermula dari percikan kecil.
Berapa banyak pandangan mengenai hati pemiliknya,
Seperti mengenanya anak panah atau busur dgn talinya.
Pandangan mata akan berhenti pada perasaan dan bayangan,
mudah cara mengatakan,suaranya tdk berbahaya,
tiada sambutan menyenangkan ia kembali membawa bencana (ad-Da 'wa ad-Dawa')

Maka dari itu maukah engkau saudariku menjadi pintu awal terjadinya fitnah sebuah pandangan?

Wahai saudariku,apabila engkau menampakan foto dirimu di internet lalu dimanakah esensi hijab Al Haya' ( rasa malu) sbg seorang muslimah sejati.
"Sesungguhnya setiap agama itu memiliki ahlak dan ahlak islam adalah malu"
"Malu adalah bagian dari iman dan iman tempatnya di syurga".

Ghirah adalah benteng pelindung yg menjaga kehormatan wanita,menahanya untk tdk melepas hijabnya,menampakan aurat dhadapan umum.Ghirah adalah sikap yg harus selalu melekat pada diri yg akan selalu menegakan amar ma'ruf nahi mungkar.

Menasehati saudara2 muslimah kita untuk selalu beriltizam dgn aturan ALLAH dalam berpakaian,bersikap,bertutur kata dan bergaul.hanya dgn inilah setelah taufik dari ALLAH yg bs menyelamatkan wanita dari godaan syetan,tipu daya musuh2 islam yg menjadikan mereka untuk menghancurkan agama ini dan menyelamatkan mereka dr jurang kehinaan dan kenistaan,menjaga mereka dari neraka dan murka serta siksaan dari ALLAH.

Hijab selaras dgn cemburu yg merupakan fitrah.berapa banyak peperangan yg terjadi pada masa jahiliyya dan masa islam akibat cemburu atas wanita dan untk menjaga kehormatannya.

Ali Radhiallahu anhu mengatakan Telah sampai kepadaku bhw wanita2 kalian berdesakan dgn lelaki kafir orang ajam(non arab) dipasar2.tidakkah kalian merasa cemburu?sesungguhnya tak ada kebaikan pada seseorang yg tak memiliki rasa cemburu.

Cemburu dgn aturan ALLAH adalah sesuatu yg terpuji dalam islam dan salah satu jihad yg disyariatkan. Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata Rasulullah bersabda "Sesungguhnya ALLAH itu cemburu dan sesungguhnya seorang mukmin itu cemburu dan cemburu ALLAH adalah jika seorang mukmin melakukan sesuatu yg di haramkan kepadanya" (Mutafaq 'Alaih).


sebagai saudara seiman cuma sekedar ini yg bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar