Selasa, 20 Januari 2015

Manfaat Bawang Putih

Tidak mau konsumsi bawang putih? Pikir sekali lagi! Allah telah menciptakan bumbu dapur yang berbau khas ini dengan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Bawang putih sudah dikenal lama sebagai obat di samping bumbu dapur untuk memperlezat masakan. Bahkan para ahli menyarankan untuk mengonsumsi satu siung bawang putih 1-3 kali sehari. Sedangkan anak-anak bisa mengonsumsi seperempat siung bawang putih, 1-2 kali sehari.

Manfaat bawang putih memang sangat banyak, akan tetapi masih banyak orang yang enggan untuk mengkonsumsinya karena dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Oleh sebab itu saat ini banyak beredar pil bawang putih, tapi hati-hati dan pertimbangkan apa saja yang menjadi bahan campurannya.



Apa yang membuat bawang putih memiliki begitu banyak khasiat?

Bawang putih memiliki bermacam-macam bahan yang mengandung sulfur, ini merupakan alasan mengapa bawang putih memiliki aroma yang khas. Selain itu, Allicin, salah satu materi yang terkandung dalam bawang putih, dikenal sebagai anti bakteri, anti virus, anti jamur, dan antioksidan.

Manfaat dari Allicin dapat diperoleh jika bawang putih dipotong dengan benar, diperas atau ditumbuk halus dan dibiarkan untuk beberapa waktu. Bawang putih juga merupakan sumber selenium. Allicin, bersama dengan bahan lain seperti ajoene, allilin, dan lainnya yang dikandung oleh bawang putih juga memiliki efek bagus untuk peredaran darah, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh, serta membantu menurunkan tekanan darah, detoksifikasi, penyembuhan.

Nah, seberapa besar manfaat dari si kecil berbau tajam ini? Simak ulasannya berikut ini:



Menghilangkan jerawat.
Bawang putih adalah obat alami yang dapat menghilangkan jerawat di wajah, karena memiliki anti oksidan yang mampu membunuh bakteri. Gosokkan bawang putih perlahan-lahan ke bagian jerawat dengan rutin maka jerawat insya Allah akan berkurang.

Mengobati Diabetes.
Bawang putih sangat bermanfaat untuk mengontrol jumlah kadar gula pada darah. Oleh sebab itu, penderita diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi bawang putih rutin.

Melancarkan peredaran darah.
Salah satu manfaat bawang putih adalah melancarkan peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.

Mengurangi tekanan darah.
Angiotensin II adalah protein yang membantu pembuluh darah berkontraksi sehingga meningkatkan tekanan darah. Allicin yang terkandung dalam bawang putih memblokir aktivitas angiotensin II dan membantu mengurangi tekanan darah. Kandungan polisulfida pada bawang putih diubah menjadi gas yang disebut hydrogen sulfide oleh sel darah merah. Hydrogen sulfide memperbesar pembuluh darah dan membantu mengontrol tekanan darah.

Fungsi anti-pembekuan darah
Bahan ajoene membantu mencegah pembentukan darah beku pada tubuh. Pembekuan darah dapat meningkatkan risiko pendarahan setelah operasi.

Mengontrol berat badan.
Bawang putih memiliki kandungan yang dapat membantu menekan nafsu makan kita. Di samping itu, bawang ini akan membantu kita dalam memacu metabolisme sehingga kalori dalam tubuh akan dibakar dan hasilnya akan membantu menurunkan berat badan. 

Menyembuhkan penyakit kulit.
Bawang putih sudah terbukti memiliki khasiat anti radang, karena mampu melawan infeksi dan bakteri. Bahan kimia ajoene yang ditemukan pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit akibat jamur seperti kurap dan jamur.

Mengobati radang.
Bawang putih mengandung anti peradangan, bagi anda sedang demam dan mengalami radang tenggorokan, dengan mengunyah bawang ini akan melancarkan tenggorokan.

Mengatasi keracunan.
Bawang putih mengandung Antidioksida yang mampu untuk membantu menyingkirkan racun yang ada didalam tubuh. Pertolongan pertama pada keracunan merkuri. Bawang putih sangat berguna untuk meringankan keracunan merkuri. Namun, itu semua hanya untuk pertolongan pertama saja, untuk selanjutnya segera lakukan perawatan intensif dari dokter.

Meredakan nyeri.
Manfaat bawang putih yang lain adalah dipercaya dapat meredakan nyeri pada otot dengan cara mengompreskannya ke bagian yang terasa nyeri. Terutama bagi anda penderita arthritis.

Menyembuhkan luka.
Orang-orang jaman dahulu sering menggunakan bawang sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan luka-luka, dengan cara menaruh bawang yang sudah dihancurkan di atas luka tersebut dan dibalut dengan perban.

Menghilangkan gatal karena jamur.
Dengan merendam bagian tubuh yang terserang jamur kedalam air hangat yang sudah dicampur dengan cincangan bawang putih. Bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh jamur.

Menyembuhkan sariawan.
Kandungan suplemen yang dimiliki bawang putih dapat membantu proses penyembuhan sariawan, dengan sifat alaminya yang anti inflamasi dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat sariawan.

Menyuburkan rambut.
Kandungan alicin yang tinggi yang ada pada bawang putih dipercaya dapat mengatasi masalah pada rambut rontok. Caranya adalah menggosokkan irisan bawang putih ke kulit kepala dan pijat hingga merata.

Melindungi Jantung.
Bawang putih melindungi jantung kita dari penyakit seperti serangan jantung dan atherosclerosis. Khasiat perlindungan jantung ini dapat memberikan kontribusi pada banyak hal. Seiring dengan pertambahan usia, pembuluh arteri cenderung kehilangan kemampuan untuk meregang. Bawang putih membantu mencegah hal ini dan juga melindungi jantung dari efek merusak radikal bebas.

Mengurangi Kolesterol.
Bawang putih memiliki khasiat untuk mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol serta mengurangi pembentukan plak pada arteri.

Melawan Alergi.
Bawang putih dikenal memiliki khasiat anti-inflamasi yang membantu tubuh melawan alergi. Kandungan anti-arthritic bawang putih berasal dari diallylsulphide dan thiacremonone. Bawang putih terbukti mengurangi alergi. Jus bawang putih mentah dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal-gatal dengan cepat akibat ruam dan gigitan serangga.

Mengobati Masalah Pernafasan
Mengkonsumsi bawang putih setiap hari dapat mengurangi frekuensi dan jumlah demam. Kandungan antibakteri bawang putih membantu mengobati radang tenggorokan. Bawang putih juga membantu infeksi saluran pernafasan. Khasiat yang diberikan bawang putih dalam menyembuhkan masalah paru-paru seperti asma, masalah pernafasan, dll, menjadikan bawang putih sebagai obat yang sangat berharga. Khasiat bawang putih dalam ekspektorasi menjadikannya sebagai unsur yang tak tergantikan dalam pengobatan bronchitis kronis.

Efektif Dalam Mengatasi Kutil dan Bisul.
Mengoleskan ekstrak bawang putih pada bisul dan kutil pada kaki atau tangan dapat membantu mengobatinya.

Pencegahan Kanker
Mengkonsumsi bawang putih setiap hari terbukti dapat mengurangi risiko kanker jenis apapun. Kandungan anti-kanker bawang putih berasal dari allylsulphides yang terdapat pada bawang putih. PhIP, salah satu amino heterocyclic (HCA), disebut-sebut sebagai salah satu penyebab meningkatnya kanker payudara pada wanita. Menurut penelitian, diallylsulphide yang ditemukan pada bawang putih mencegah perubahan PhIP menjadi carcinogens.

Sakit Gigi
Hanya dengan mengaplikasikan bawang putih yang ditumbuk pada gigi yang sakit dapat membantu mengurangi rasa sakit karena kandungan antibakteri dan analgesic dari bawang putih. Namun ingatlah bahwa bawang putih dapat merusak gusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar