Minggu, 07 Juli 2013

Khasiat QS Al Ikhlas

Teman – teman pasti tahu tentang surah Al-IKHLAS, Tapi apakah tau khasiat dari surat tersebut ?
Mungkin kebanyakan menjawab TIDAK. Saya akan mencoba memberikan sedikit informasi tentang khasiat Surah Al-Ikhlas menurut referensi yang saya punya :
  1. Abu Sa’id Al-Khanafi menerangkan : Surah ini dinamakan Al-Ikhlas. artinya bersih atau lepas maka barang siapa yang membacanya dan mengamalkannya dengan hati yang ikhlas maka ia akan dilepaskan kesusahan-kesusahan duniawi, dimudahkan dalam gelombang sakaratul maut.
  2. Ibnu Syihad Al-Zukhri menerangkan : Rasullah S.A.W bersabda : “Siapa membaca Suratul Ikhlas seolah-olah ia membaca sepertiga Al-Qur’an”.
  3. Riwayat dari Sayyidina ‘Ali r.a. :Siapa membaca Suratul Ikhlas 11 kali sesudah sembahyang subuh, maka syaitan tidak akan dapat menggodanya untuk memperbuat dosa, meskipun syaitan itu hendak bersungguh-sungguh menggodanya pada waktu itu.
  4. Sayyidah ‘Aisyah menerangkan :” Dari nabi Muhammad S.A.W. “Siapa membaca sesudah selesai sholat jum’at surat Al-Ikhlas 7 kali, Surah Al-Falaq 7 Kali, dan Surah Annaas 7 kali, maka Tuhan akan melindunginya dari kejahatan sampai kehari jum’at yang akan datang.
  5. Dari Sayyidina ‘Ali r.a. dari Rasulullah : “Siapa hendak pergi musafir kemudian ia hendak meninggalkan rumahnya, ia membacakan surat Al-Ikhlas 11 kali, maka Tuhan memelihara rumahnya sampai ia kembali”.
  6. Sayyidina Ands menerangkan dari Rasulullah S.A.W. “Siapa membaca Suratul Iklhlas 30 kali, maka Tuhan akan menulis barakah, selamat dari api neraka dan aman dari azab pada hari kiamat”.
  7. Imam Sayuthi menerangkan dalam kitabnya : “Addurul Mantsur”, riwayatnya dari Ibnu ‘Abbas bahwa Rasulullah S.A.W. telah mengatakan “siapa ada hajad hendaklah berwudhu dan sembahyang empat raka’at  dengan sekali salam. Raka’at pertama membaca Fatihah sekali dan surah Al-Ikhlas 11 kali, raka’at kedua membaca Fatihah 1 kali dan surah Iklhas 21 kali, raka’at ketiga membaca Fatihah sekali dan Surah Ikhlas 30 kali, raka’at keempat membaca surah Fatihah sekali dan surah ikhlas 41 kali. Apabila sudah salam, sebelum berkata-kata membaca surah ikhlas 50 kali, shalawat atas Nabi 50 kali, Istighfar 50 kali, La khaula walaa quwwata illa billaahil aliyil adhiim 50 kali kemudian ia meminta hajadnya kepada Tuhan, maka InsyaAllah Allah akan menunaikan hajadnya.
Mungkin itu beberapa khasiat dari referensi yang saya miliki. Keyakinan hati adalah suatu kunci agar doa kita diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar