Minggu, 09 Agustus 2015

Keluarlah dari zona nyaman

ADA sebuah kisah dari seekor monyet yang kelaparan. Disebabkan musim yang kurang bagus, makanan pun menjadi sulit didapat. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk berkeliling mencari makanan.

Di perjalanan ia melihat pisang yang begitu menggiurkan. Terlihat pisang itu masih begitu segar dan sudah matang. Tak berpikir panjang ia langsung menghampiri pisang itu. Namun, ada yang janggal, pisang tersebut berada di dalam toples. Ia lalu memutar-mutar toples tersebut dan menemukan lubang. Ia langsung saja memasukkan tangannya ke dalam toples tersebut. Hingga akhirnya, tangan itu tidak bisa dilepaskan dari dalam toples. Ia terus berusaha manarik pisang itu dan mencoba mengeluarkan tangannya. Tak berselang lama, para pemburu datang menghampiri monyet itu dan menangkapnya.

Dalam hidup ini, kebanyakan kita cenderung bergantung pada sesuatu atau seseorang dan menolak untuk melepaskannya. Kemudian kita meyakinkan diri kita bahwa kita memang membutuhkannya, tidak bisa lepas, bahkan tidak bisa hidup tanpa orang atau benda ini.

Kita terus memegang pada apa yang kita miliki pada keyakinan keliru dan pada keadaan fisik yang buruk. Masalahnya adalah hal tersebut kita anggap aman, pasti dan sudah biasa.

Lihatlah monyet itu. Ia terus berusaha menggenggam pisang tersebut, sebab ia merasa pisang itulah yang terbaik, yang mudah karena sudah digenggam. Coba kalau dia melepaskan pisang itu dan mencari lagi di tempat yang lain, mungkin ia akan menemukan pisang yang lebih baik dari itu dan ia pun akan merasa aman.

Apakah Anda masih berpikir mencari yang pasti-pasti saja? Apakah Anda berpikir mencari yang aman saja? Apakah Anda masih berpikir yang mudah dan biasa saja?

Itulah pisang yang ada di genggaman Anda. Anda bisa terjebak dan tidak bisa pergi kemana-mana. Mungkin nasib Anda tidak akan seperti monyet yang ditangkap manusia. Tapi, Anda akan termakan waktu hidup dalam jebakan.

Ya, jebakan itulah yang biasa kita sebut sebagai zona nyaman. Jika Anda ingin meraih kesuksesan, maka Anda harus bisa melepaskan diri dari zona nyaman itu dan mulailah menggapai zona sukses. Perlu tekad dan keyakinan yang tinggi dan keberanian yang besar untuk meninggalkan zona nyaman Anda. Karena hidup itu pilihan, maka jangan sia-siakan waktu Anda dengan pilihan yang salah. Mulailah untuk berani menghadapi tantangan kehidupan yang baru. Walau sulit, tapi insya Allah hasilnya akan lebih baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar