Sabtu, 29 November 2014

Ciri-ciri Penjilat

Terkadang dalam lingkungan pekerjaan kita sering di buat jengkel atau tidak nyaman oleh perilaku perilaku mengkhawatirkan yg di lakukan oleh rekan kerja kita….. Sebagai seorang anak buah menjadi hal lumrah bila ingin dekat dengan atasannya… Namun terkadang seseorang menghalalkan berbagai cara untuk bisa dekat secara personal pada atasannya… Banyak yang menyebutnya dengan istilah CARI MUKA atau lebih kejam lagi menyebutnya dengan kata PENJILAT.

Mungkin kita pernah mendengar atau mengatakan ”  cari muka banget sih tuh orang…”  
Lalu seperti apa sih ciri ciri seorang penjilat ( cari muka )…..

• Meskipun sebenarnya dia tidak setuju dengan apa yang di katakan atau di lakukan oleh seorang atasan.. Dia akan selalu berkata ” okey bos “ kalau kata mas Anang di indonesia idol kan kadang yes kadang no.. Kalau penjilat ngga kenal kata NO buat si bos, taunya cuma YES. Pokoke yes lah…

• Seorang penjilat tidak pernah setia pada atasannya, dia hanya memanfaatkan kekuatan dan kekuasaan atasan untuk kepentingan dirinya. kalau atasannya Kehilangan Powernya seorang penjilat biasanya akan begitu mudah menjilat atasan baru.  

• Penjilat memiliki hobby unik yaitu melaporkan kekurangan rekan kerjanya pada si bos… Keluar masuk ruangan si bos cuma untuk laporan.. Bukan laporan hasil kerja eeh malah ngelaporin rekan kerjanya..  Walaaah… Dikit dikit lapor dikit dikit lapor…. Udah kayak tulisan di pos ronda 2 x 24 jam wajib lapor… Hehee

• Secara Intelektual mungkin dia tidak terlalu cerdas, Tapi dia sangat lihai untuk menutupi itu dengan memanfaatkan keterampilan rekan kerjanya. Siapa yang ngerjain.. siapa yang ngaku ngerjain…. Capek deh.

• Dia begitu terlihat gesit dan rajin hanya kalau ada si bos… tapi kalau ngga di lihat sama si bos… Heeem… Santai bro kayak di pantai… Hehee…

• Di depan rekan kerjanya dia akan menjelek-jelekkan atasannya.. tapi di depan atasannya.. Ahaaaa…. dia akan tunduk sama semua perintah Si Bos.

Bagaimana sahabat… Apakah ada seseorang dengan ciri ciri seperti itu di lingkungan kerja anda…? Biasanya sih pasti ada… Bersikap baiklah dengan rekan kerja anda yang seperti itu, jangan di musuhi… Karena selain ngga ada untungnya, hanya akan membuat si penjilat merajalela menjelekkan orang yang memusuhinya.

Dan ingat sahabat,  jangan pernah percaya pada sikap dan kata-kata si penjilat. Si penjilat tidak pernah punya sahabat sejati, tidak pernah punya etika, tidak pernah punya loyalitas, kalaupun dia loyal itu semata mata untuk kepentingan dirinya, karena si penjilat hanya setia kepada kepentingan-kepentingan pribadinya.

Jadilah pribadi dengan sikap yang tidak terlalu menonjol di depan si bos, tapi perlihatkan cara-cara kerja yang kreatif, strategis, dinamis, dan profesional. Bukannya apa apa sahabat, jika anda terlalu menonjol di depan si bos, si tukang jilat akan sibuk mencari-cari kelemahan dan kekurangan Anda untuk dijadikan bahan obrolan dengan si bos, dan repotnya kalau si bos main percaya aja sama omongan si tukang jilat.

Dan jika saat ini anda termasuk orang yang dekat dengan atasan anda semoga itu semata mata karena kinerja anda yang luar biasa bukan karena anda cari muka …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar