Jumat, 09 Oktober 2020

GMT dan UTC

 Perbedaan Antara GMT dan UTC

GMT vs UTC

Ketika datang ke penjagaan waktu, orang harus tahu bahwa perbedaan waktu antara GMT dan UTC adalah sepersekian detik dan, untuk tujuan paling umum, perbedaan itu tidak signifikan dan dianggap sebagai tidak ada perbedaan. Namun, ada beberapa perbedaan lain antara GMT dan UTC dalam hal penggunaan. Sebelum membahas perbedaan-perbedaan itu, mari kita lihat dulu apa arti GMT dan UTC. GMT adalah Greenwich Mean Time sedangkan UTC adalah Waktu Universal Terkoordinasi. GMT mengacu pada waktu yang dipertahankan di Royal Observatory di Greenwich, London yang disebut waktu matahari rata-rata. UTC didasarkan pada Waktu Atom Internasional (TAI).

Apa itu GMT?

GMT, yang merupakan singkatan dari Greenwich Mean Time, didasarkan pada pengamatan astronomi. GMT adalah standar waktu berdasarkan negara. Ini digunakan terutama oleh badan-badan yang terkait dengan Inggris seperti BBC World Service, Royal Navy, dan Met Office. Faktanya, beberapa negara mengadopsi GMT dalam undang-undang mereka. Mereka adalah Inggris, Belgia, Republik Irlandia, dan Kanada.

Apa itu UTC?

UTC, yang merupakan singkatan dari Waktu Universal yang Terkoordinasi, adalah skala waktu internasional yang direkomendasikan oleh Biro Bobot dan Ukuran Internasional (BIPM) sebagai dasar hukum untuk waktu. Ini adalah metode pengukuran waktu menggunakan jam atom. Untuk menentukan standar internasional Waktu Universal Terkoordinasi, Biro Bobot dan Ukuran (BIPM) di Paris mengoordinasikan data dari jam atom yang terletak di laboratorium waktu di seluruh dunia. Sangat menarik untuk dicatat bahwa detik kabisat ditambahkan ke UTC untuk mengimbangi rotasi bumi yang melambat. Penting untuk mengetahui bahwa detik kabisat digunakan untuk memungkinkan UTC melacak waktu matahari rata-rata di Royal Observatory di Greenwich, London.

UTC adalah standar waktu yang digunakan untuk standar Internet dan World Wide Web. Ini juga merupakan dasar dari sistem penentuan posisi global satelit (GPS). UTC digunakan oleh Network Time Protocol, dibuat untuk menyinkronkan jam dari banyak komputer melalui Internet. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa UTC adalah standar waktu berdasarkan Internet.

Perbedaan antara Waktu Rata-rata Greenwich dan Waktu Universal yang Terkoordinasi diukur dalam sepersekian detik. Dalam penggunaan umum, ketika sepersekian detik dianggap tidak terlalu penting, GMT dapat diambil setara dengan UTC. Namun, perbedaan waktu itu penting dalam masalah ilmiah.

Sering dianggap bahwa zona waktu di seluruh dunia merupakan offset positif atau negatif dari UTC. Bahkan, memang benar bahwa UTC menggantikan GMT sebagai skala waktu referensi utama di berbagai wilayah.

Mengapa disebut UTC? International Telecommunication Union atau yang disebut ITU berpendapat bahwa yang terbaik adalah memiliki singkatan tunggal untuk digunakan dalam semua bahasa sehingga kebingungan dapat diatasi secara luas. Bahkan, mereka tidak dapat sampai pada kesimpulan apakah memiliki urutan kata bahasa Inggris atau urutan kata Perancis dan karenanya sebagai akronim UTC dipilih.

Perbedaan Antara GMT dan UTC

Apa perbedaan antara GMT dan UTC?

• GMT adalah singkatan dari Greenwich Mean Time dan UTC untuk Waktu Universal Terkoordinasi.

• Waktu Greenwich berdasarkan pengamatan astronomi.

• Waktu Universal Terkoordinasi (UTC) adalah skala waktu internasional yang direkomendasikan oleh Biro Bobot dan Ukuran Internasional (BIPM) sebagai dasar hukum untuk waktu. Ini adalah metode pengukuran waktu menggunakan jam atom.

• Perbedaan waktu antara UTC dan GMT terletak di sepersekian detik. Oleh karena itu, untuk tujuan bersama, kedua waktu dianggap sama. Tetapi, perbedaan waktu itu penting untuk tujuan ilmiah.

• GMT diadopsi dalam undang-undang mereka seperti di negara-negara seperti Inggris, Belgia, Republik Irlandia dan Kanada.

• UTC adalah standar waktu yang digunakan untuk beberapa standar Internet dan World Wide Webt.

• Dapat dikatakan bahwa UTC adalah standar waktu berbasis Internet sedangkan GMT adalah standar waktu berdasarkan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar